anger management



Setiap manusia pasti pernah mengalami masa sulit dalam hidupnya. Masa dimana semua hal terasa begitu berat dan memberatkan. Hal ini pastinya akan sangat mempengaruhi emosi seseorang yang mengakibatkan kita mengeluarkan salah satu ekspresi bernama marah. Yup, marah adalah salah satu ekspresi emosi yang pasti dirasakan oleh setiap manusia. Marah adalah luapan dari ekspresi yang bila tidak kita keluarkan bisa membuat kesehatan jiwa kita terganggu. Namun, bila kita terlalu sering marah, dampaknya juga tidak bagi untuk kondisi mental dan fisik yang pada akhirnya bisa merusak kesehatan dan menimbulkan stress. Tentunya ini bukan sesuatu yang kita inginkan, bukan?!. Lalu, bagaimana cara terbaik yang bisa kita lakukan untuk mengendalikan rasa marah yang ada didalam diri? Nah, berikut adalah beberapa tips yang bisa kita terapkan sehingga rasa marah yang meluap bisa kita kendalikan dengan baik. 

  • Saat marah menghampiri, cobalah untuk menarik napas dalam-dalam. Hal ini kita lakukan dalam rangka memperbanyak jumlah oksigen dalam sistem tubuh dan membersihkan otak dari perasaan ingin marah.  
  • Katakan langsung akan sesuatu yang tidak kita suka yang berpotensi membuat kita menjadi marah pada seseorang atau sesuatu. Hal ini akan lebih baik untuk dilakukan ketimbang memendamnya dalam hati atau mengeluarkan ekspresi marah yang mungkin akan berakibat buruk pada hubungan kita dengan orang lain. Cobalah katakan dengan gamblang dan pastikan kita mengatakannya dengan bahasa yang tidak menyinggung perasaan. 
  • Untuk mengendalikan perasaan marah, ada baiknya bagi kita untuk keluar dan bertemu dengan teman-teman. Bertemu dengan teman-teman adalah salah satu cara terbaik untuk mengalihkan pikiran dari perasaan ingin marah. Kita bisa menghabiskan beberapa waktu bersama dengan teman-teman dengan melakukan berbagai aktivitas menyenangkan sehingga pikiran kita akan lebih nyaman, tenang, dan jauh dari perasaan marah (pastinya). 
  • Cara lainnya yang bisa kita lakukan untuk mengendalikan perasaan marah dalam diri kita adalah dengan tertawa. Yup tertawa adalah salah satu cara terbaik yang bisa kita lakukan. Dengan tertawa pada diri sendiri dengan terbahak-bahak, maka bisa dipastikan kita akan melupakan kemarahan yang ada dalam diri. 
  • Melakukan meditasi adalah cara terakhir yang bisa kita lakukan untuk mengendalikan sifat marah dalam diri. Kita bisa melakukan meditasi setiap hari sebagai 'bekal' bagi kita untuk mengendalikan emosi. Seperti diketahui, meditasi membantu mengembangkan kemampuan mental dan mampu membuat diri kita menjadi lebih tenang.

Jadi, bila kita ingin menjadi pribadi yang lebih baik, cobalah untuk mengendalikan kemarahan dalam diri dengan menerapkan beberapa tips di atas. Selamat mencoba!.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

lomba merangkai sayur

my school

iwak peyek hanif