gerusan jaman


akses internet yang demikian luas yang saat ini kita nikmati harusnya bisa menjadikan kita sebagai pribadi yang lebih waspada. Waspada dalam menyaring berbagai informasi yang demikian bebas dipaparkan. Waspada dalam memahami isi dari informasi yang kita terima. Waspada dalam segalanya. Mengapa demikian? Well, jangan bilang kalau kita tidak akan terpengaruh dengan mudah saat membaca artikel tertentu. Pasti kita pernah langsung yang terhanyut dengan untaian kalimat dari suatu artikel yang membuat kita merasakan emosi tertentu. Saat inilah kita harus bersikap bijaksana. Jangan sampai kita menjadi seseorang yang menelan mentah mentah semua informasi tersebut. Kebenaran dari suatu informasi harus kita dapatkan sebelum memutuskan untuk memunculkan emosi tertentu. 

akses internet yang demikian luas juga membuat kita mendapati keberagaman pendapat orang atas suatu informasi. Kita bisa dengan mudah mendapati berbagai opini, pujian, hingga sindiran untuk sebuah informasi. Well, kita memang hidup di negara yang menjunjung tinggi demokrasi dan kebebasan berpikir serta mengemukakan pendapat. Namun, bila kita melihat komentar komentar yang menyikapi suatu informasi, kita mungkin akan menghela napas. Kebebasan menulis komentar tidak serta merta membuat kita menjadi orang bijak. Kebebasan menulis komentar atas suatu informasi terkadang malah menjadi bumerang. Banyak kita jumpai netizen yang saling perang komentar untuk sebuah informasi yang dibaca. Debat kusir yang tiada habisnya yang terkadang membuat jengah.

Pilihan kata dan bahasa yang dirangkai terkadang begitu kasar dan menyudutkan. Bagi saya yang notabene hanya sebatas membaca tentu akan mengernyitkan dahi. Dimana tata krama, sopan santun, dan etika kita sebagai salah satu bangsa dunia timur yang menjunjung tinggi semua itu?!. Saat ini, kita hidup di sebuah masa yang rasa malu memiliki nilai minoritas. Bagaimana tidak? Bila dulu kita akan merasa malu saat rok bawah lutut yang kita kenakan tersingkap, saat ini banyak yang memilih untuk mengenakan busana dengan desain super mini dan dengan cueknya berlalu lalang di jalanan. Itu hanya satu contoh kecil....ada banyak lainnya yang membuat kita ngelus dada. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

lomba merangkai sayur

my school

iwak peyek hanif