TOSS TB

TOSS TB - Temukan Obati Sampai Sembuh

Hayooo siapa yang belum tahu apa itu TB? Yup, bener banget....TB atau TBC adalah salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya karena penularannya menggunakan udara sebagai perantara. Saat kita berbicara dengan penderita TB positif, dan daya tahan tubuh saat itu sedang menurun, maka kemungkinan bagi kita untuk tertular akan sangat besar. Sayangnya, banyak masyarakat yang kurang memperhatikan hal ini dan menjadikan dirinya sendiri mangsa empuk untuk penyakit yang angka prosentasenya masih cukup tinggi di Indonesia.

Tingkat kesadaran masyarakat untuk berperilaku hidup sehat nyatanya belumlah tinggi. Di sejumlah daerah kita akan menemukan ada banyak hunian yang kurang memenuhi syarat; mulai dari tingkat kelembaban dalam ruangan yang cukup tinggi, tidak adanya ventilasi yang memadai, belum tersedianya MCK, dan seterusnya membuat banyak penyakit nyaman berlama-lama disana, termasuk TB ini. Untuk diketahui, micro bacterium alias si miko, yang notabene pembawa penyakit TB ini sangat nyaman bila hidup di tempat yang lembab yang kurang mendapatkan sinar matahari.

Selain memperhatikan kebersihan lingkungan dan menerapkan perilaku hidup sehat, kita pun harus bersikap tanggap dengan kondisi lingkungan sekitar. Untuk diketahui, penderita TB positif bisa menularkan virusnya tersebut pada 10-15 orang di sekitarnya. Hal ini  tentu akan sangat berbahaya bila kita tidak mengetahui ciri-ciri dari penyakit TB, terlebih bila penderita TB tersebut tidak tahu bila dirinya terkena TB. Lalu, apa saja ciri dari penyakit TB ini?

Well, ciri utama dari TB adalah batuk disertai dahak yang berlangsung lebih dari 2 minggu yang disertai dengan minimal dua gejala tambahan. Adapun gejala tambahan yang menyertai gejala utamanya adalah : menurunnya nafsu makan, berat badan yang menurun secara drastis, demam berkepanjangan, berkeringat di malam hari tanpa melakukan aktivitas, batuk disertai darah, dan sesak dada yang disertai dengan rasa nyeri.

Bila kita menjumpai ada masyarakat di sekitar kita yang terindikasi gejala di atas, maka ada baiknya untuk membantu mereka dalam memeriksakan diri ke layanan kesehatan terdekat seperti puskesmas, atau menghubungi kader TB yang ada di lingkungan sekitar kita. Dengan demikian, kita akan ikut terlibat secara aktif dalam memerangi penyakit mematikan ini.

Salam TOSS TB

Komentar

Postingan populer dari blog ini

lomba merangkai sayur

my school

iwak peyek hanif